Tuesday, October 24, 2017

Khasiat Binahong Merah Khasiat Daun Seri

Khasiat Binahong Merah

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan - Khasiat Binahong Merah. Selamat datang di blog manfaat daun sirih ingin berbagi informasi yang sangat menarik dan sangat penting yaitu tentang mengenai daun sirih dan manfaat daun sirih khususnya khasiat daun sirih bagi kesehatan dan khasiat daun sirih untuk kecantikan.

Semenjak beberapa ratus tahun yang lalu para pendahulu kita sudah sangat mengenal dan paham betul manfaat dan khasiat daun sirih dan sudah menjadikan daun sirih sebagai salah satu tanaman mujarab yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit. Dan barang tentu sudah banyak kita jumpai bahwa mereka memanfaatkan daun sirih untuk menjaga, memperkuat dan membersihkan gigi dengan cara mengunyahnya. Manfaat daun sirih sudah tidak asing lagi buat mereka.

Meskipun mereka tidak dapat memahami khasiat daun sirih secara ilmiah dari sisi ilmu medis, namun mereka merasakan secara langsung manfaat daun sirih berdasarkan fakta dan pengalaman. dan blog manfaat daun sirih kali ini ingin mengenalkan kepada anda bahwa daun sirih sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun untuk kecantikan tubuh kita.

Namun sebelum artikel "manfaat daun sirih" berbicara panjang lebar tentang manfaat dan khasiat daun sirih, satu hal penting yang perlu kami sampaikan adalah mengenai kandungan alami daun sirih, sehingga dengan mengetahui kandungan yang tersimpan di dalam daun sirih anda akan semakin yakin dan percaya bahwa daun sirih memang benar-benar memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tentunya obat-obatan yang dijual di pasaran maupun apotek ternyata banyak menggunakan atau berbahan dasar dari daun sirih, salah satu contohnya adalah produk obat kumur daun sirih, daun sirih pembersih bagian kewanitaan, obat sariawan dan masih banyak lagi yang lain. Ini menunjukkan bahwa manfaat daun sirih memang terbukti ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Baiklah langsung saja blog manfaat daun sirih akan mengulas tuntas pokok pembahasan kita yaitu antara lain:
  • Kandungan daun sirih
  • Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan
  • Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kecantikan
Itulah 3 poin utama pembahasan kita kali ini mengenai manfaat dan khasiat daun sirih.

Kandungan Daun Sirih

Manfaat dan khasiat daun sirih
Kandungan daun sirih

Termasuk penting kita ketahui adalah tentang daun sirih itu sendiri dan apa saja kandungan daun sirih, karena dengan mengetahui daun sirih dan kandungan daun sirih maka dapat kita ketahui pula apa saja manfaat daun sirih bagi kesehatan maupun untuk kecantikan, berikut kandungan kimiawi pada daun sirih.

Klasifikasi ilmiah daun sirih
Kerajaan: Plantae(tidak termasuk) Magnoliidae
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae
Genus: Piper
Spesies: P. betle
Nama binomial: Piper betle

Pada daun sirih terkandung minyak atsiri yang meliputi minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan



Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan
Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan

Daun sirih mengandung Minyak atsiri (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang bermanfaat untuk membunuh kuman, antioksidan anti jamur, fungisida. Daun sirih juga berkhasiat untuk menghilangkan bau badan tak sedap karena bakteri. Khasiat daun sirih juga dapat digunakan untuk mengehentikan perdarahan, daun sirih juga bermanfaat sebagai obat luar, anti septik maupun obat dalam yang dikinsumsi yang memiliki banyak khasiat untuk mengobati penyakit organ dalam misanya mengatasi gangguan saluran pencernaan.

Khasiat daun sirih sebagai obat luar misaalnya dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, . Selain itu manfaat daun sirih digunakan sebagai obat kumur yang berfungsi untuk mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, obat sariawan, sakit gigi, radang tenggorokan dan sebagainya.

Kandungan bahan aktif fenol dan kavikol pada daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap, sebagai penghambat perkembangan larva nyamuk, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat daun sirih, yang akan blog manfaat daun sirih kemukakan di bawah ini.

1. Manfaat daun sirih bisa mengobati penyakit asma

Caranya: Rebus 4-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai tersisia 1 gelas. minumlah air rebusan daun sirih tersebut secara rutin 2 sampi 3 gelas setiap hari.

2. Manfaat daun sirih bisa untuk mengobati radang tenggorokan

Cara mengobati radang tenggorokan sebagaimana cara mengobati asma yang telah disebutkan diatas.

3. Manfaat daun sirih untuk meredakan dan mengobati batuk

Cara mengobati batuk dengan daun sirih merah yaitu 5 lembar daun sirih direbus dengan 300 ml air, dan minum air rebusan tersebut 3 kali sehari sampai batuk reda.4. Manfaat daun sirih untuk mengobati gejala dan sakit demam berdarah5 sampai 6 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. minum air rebusan sirih secara rutin 2 kali sehari.

5. Manfaat daun sirih untuk mengobati iritasi pada mata atau mata merah serta sakit mata

Khasiat daun sirih yang termasuk jarang diketahui adalah ampuh mengatasi iritasi pada mata aupun sakit mata. caranya cukup mudah rebus 2 lembar daun sirih dengan 1 cangkir air sampai warna air kemerahan atau tersisa setenhnya. gunakan sebagai obat tetes atau mencuci mata.

6. Khasiat daun sirih untuk membantu melancarkan haid bagi wanita

Bagi kaum wanita haid tidak lancar sering kali menjadi hal yang menyiksa setiap bulannya. untuk mengatasi haid tidak lancar cobalah ramuan daun sirih. Caranya siapkan 3 lembar daun sirih 10 gram mahkota dewa dan 15 gram ubi dewa direbus bersama-sama dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini niscaya tidak ada lagi keluhan sakit pinggang karena haid tidak lancar, sekaligus untuk melancarkan haid.

7. Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan

Satu lagi masalah bagi kaum wanita khususnya pada area kewanitaan yaitu keputihan. Keputihan adalah gangguan area kewanitaan yang sudah umum dialami, keputihan biasanya mengaikibatkan gatal-gatal dan sangat mengganggu. Jika dibiarkan terus menerus keputihan bisa memicu kanker serviks. oleh karena itu atasilah keputihan dengan ramuan daun sirih. caranya robek-robek 10 lembar daun sirih yang hijau tua lalu rebus dengan 250 ml air, setelah dingin gnakan untuk mencuci area kewanitaan. terapkan cara ini 1 kali sehari.

8. Khasiat daun sirih sebagai obat penyakit Bronchitis

Cara mengobati bronchitis dengan daun sirih sangat mudah yaitu rebusah 10 lembar daun sirih yang hijau tua dengan 300 ml air sampai air susut menjadi 150ml saja. minum ramuan sirih tersebut 3 kali sehari secara rutin 2 hari sekali.

9. Khasiat daun sirih untuk mengobati luka bakar ringan

Caranya yaitu haluskan 5 lembar daun sirih merah dengan cara ditumbuk, lalu tambahkan 2 sendok teh madu. urapkan pada luka bakar secara marata, terapkan cara ini 2 atau 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam hari menjelang tidur.

10. Khasiat daun sirih untuk Menghilangkan bau mulut tidak sedap

Terkadang walaupun rajin menggosok gigi bau mulut tak sedap masih saja tak hilang. ada banyak cara menghilangkan bau mulut tak sedap secara alami dan ampuh. untuk mengatasi bau mulut atau nafas tak sedap cukup dengan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur, atau diminum sebagai jamu.

11. Khasiat daun sirih untuk mengobati sakit jantung

Manfaat daun sirih juga brekhasiat untuk mengobati penyakit jantung. caranya haluskan 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan jintan putih, dan biji kemukus sebanyak 7 pasang, lalu ditambahkani dengan beberapa sendok makan air panas. lalu saring. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

12. Daun sirih untuk Obat gusi berdarah

Siapkan 10 lembar daun sirih merah direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur secara rutin 3 kali sehari.

13. Khasiat daun sirih Mengobati sakit gusi dan sariawan

Untuk mengobati gusi bengkak atau sariawan anda bisa menerapkan teknis pengobatannya sebagaimana telah disebutkan diatas.

14. Manfaat daun sirih untuk Menghilangkan bau badan

Khasiat daun sirih selain menghilangkan bau mulut tak sedap, daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan tak sedap. caranya 10 lembar daun sirih direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas. minum air rebusan daun sirih secara rutin 2 kali sehari sampai bau badan tak sedap dapat teratasi.

15. Manfaat daun sirih untuk membersihkan kuman dari mulut

Kuman adalah salah satu penyebab gangguan padsa mulut misalnya sariawan, radang tenggorokan, bau mlut tak sedap. untuk pencegahan maupun pnegobatan minum air rebusan daun sirih sekaligus jadikan sebgai obat kumur terutama setelah makan.

16. Manfaat daun sirih untuk Menghilangkan keringat berlebih

Salah satu penyebab bau badan tak sedap adalah karena keringat berlebih, keringat berlebih sering kalinya dialami oleh kaum pria. untuk mengatasinya anda bisa menggunakan daun sirih. caranya sebagaimana menghilangkan bau badan tak sedap, yang telah tersebut di atas.

17. Khasiat daun sirih untuk mengatasi p4yud4r4 yang membengkakJika p4yudar4 nyeri karena membengkak jangan dibiarkan, atasilah dengan daun sirih Caranya beberapa lembar daun sirih di panggang sampai layu. kemudian tempelkan pada p4yud4ra yang bengkak saat daun sirih masih hangat.

18. Daun sirih mengurangi produksi ASI yang berlebih

Sebenarnya produksi ASI yang berlebih tidak memiliki dampak buruk pada ibu dan anak, namun jika ibu risih terhadap produksi yang berlebih para ibu bisa mengatasinya dengan daun sirih. caranya : 4 lembar daun sirih olesi minyak kelapa lalu dipanggang di atas api tapi jangan sampai hangus. Tempelkan daun sirih tersebut pada area p4yudar4 dalam keadaan hangat. berhati-hatilah tunggu hingga hangat.

19. Manfaat daun sirih sebagai Ramuan selama masa nifas atau setelah melahirkan

2–5 lembar daun sirih hijau tua direbus dengan 4 gelas air sampai menyusut setengahnya. Minum rebusan tersebut satu kali setiap hari.

20. Khasiat daun sirih untuk mengobati diare

4-6 lembar daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 6 biji lada ditumbuk secara bersamaan sampai halus lalu gosokkan pada perut penderita diare dan biarkan sampai mengering.

21. Khasiat daun sirih sebagai Obat mimisan daruratMimisan atau pendarahan pada hidung biasanya disebabkan karena suhu panas dan debu, biasanya mimisan sering dialami oleh anak-anak. atasi mimisan dengan daun sirih. caranyacukup dengan menggulung daun sirih dan memasukkan daun sirih ke dalam hidung yang mimisan secara perlahan-lahan mimisan akan berhenti.

22. Manfaat daun sirih Sebagai obat maagcaranya 7 lembar daun sirih merah direbus dan diminum selagi hangat secara teratur 3 kali sehari.

23. Manfaat daun sirih sebagai obat radang paru-paruRebus 5-7 lembar daun sirih merah yang tua dengan 500 ml air sampai tersisa setengahnya saja. Minum secara rutin 3 kali sehari.

24. Khasiat daun sirih untuk Mengobati sakit gigi berlubangSakit gigi berlubang sering kambuh, dan biasanya dipicu karena panas dalam. obati sakit gigi berlubang dengan dasun sirih. Caranya rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan sirih untuk berkumur. Lakukan secara berulang sampai sakit gigi hilang.

25. Khasiat daun sirih untuk Mengobati gatal-gatal karena alergi

6 lembar daun sirih, 1,5 sendok makan minyak kayu putih, 1 potong jahe. ditumbuk semua bahan secara bersamaan sampai halus lalu oleskan pada kulit yang gatal.

26. Manfaat daun sirih untuk mengobat asam urat

Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air sampai tersisa 3 gelas. Minumlah ramuan sirih tersebut secara teratur 75 ml air rebusan 3 kali sehari.

Manfaat Daun Sirih | Khasiat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kecantikan wajah
Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kecantikan wajah

Manfaat daun sirih selain untuk kesehatan ternyata belakangan telah diketahui berbagai macam khasiat daun sirih untuk kecantikan. yang paling terkenal adalah manfaat daun sirih untuk wajah, ternyata khasiat daun sirih untuk kulit wajah khususnya terbukti efektif mengatasi berbagai keluhan, misalnya daun sirih mengatasi kulit keriput, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, mengatasi komedo, dan masih banyak lagi manfaat daun sirih untuk kecantikan yang akan kita bahas di bawah ini.

Ditinjau dari kandungannya daun sirih memiliki kandungan alami seperti antioksidan dan flovanoid yang bermanfaat bagi kulit, terutama pada kulit wajah karena kandungan tersebut berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit wajah kusam dan kasar.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk wajah, diantaranya yaitu :

1. Manfaat daun sirih untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar

Untuk mengatasi kulit wakah kasar dengan daun sirih caranya sangat mudah yaitu : tumbuk halus 5 lembar daun sirih yang masih segar, dengan ditambahkan 1 sendok teh madu murni, aduk merata sampai menyerupai pasta atau masker wajah. oleskan ramuan daun sirih dan madu pada kulit wajah dan leher dan diamkan selama 15 menit, lalu akhiri dengan mencuci kembali wajah dengan air hangat. terapkan cara in cukup seminggu 2 kali dan buktikan hasilnya selama 1 bulan.

2. Manfaat daun sirih untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Yang paling populer dari manfaat khasiat daun sirih adalah keampuhannya menghilangkan jerawat ampun bekas jerawat membandel.

3. Manfaat daun sirih untuk mengatasi kulit berminyak

Mencuci wajah dengan air rebusan daun sirih telah terbukti berkhasiat untuk mengontrol kulit berminyak pada wajah, sehingga wajah akan tampak lebih bersih, berseri dan tidak mudah berjerawat maupun berkomedo. caranya rebus 10 lembar daun sirih yang masih muda dengan 1 liter air sampai mendidih. gunakan untuk mencuci wajah pada pagi dan sore hari dan silahkan buktikan hasilnya dalam beberapa minggu.

4. Khasiat daun sirih untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam

Kulit wajah kusam juga salah satu masalah bagi kulit wajah, namun tidak khusah khawatir sebab daun sirih ternyata ampuh mengatasi kulit wajah kusam dengan sekejap, caranya sebagaimana cara mengatasi kulit berminyak diatas.

5. Manfaat daun sirih untuk Mencegah penuaan dini

Kulit keriput memang sudah menjadi faktor alam, namun hal itu bisa kita atasi dengan mudah. Caranya 6 lembar daun sirih merah, 100 gram kacang hijau, 10 biji kurma, dan 40 gram gingseng talinum dierebus secara bersamaan dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Tambahkan dengan 2 sendok makan madu dan jeruk, aduk rata. Minum ramuan tersebut 1 kali seminggu sebanyak 1 gelas.

6. Manfaat daun sirih untuk Mencegah munculnya jerawat

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan munculnya jerawat, baik karena faktor makanan, faktor eksternal maupun faktor internal.

Salah satu cara untuk mencegah agar tidak lagi muncul jerawat di wajah adalah dengan cara memanfaatkan daun sirih, dan berikut ini cara yang bisa anda lakukan. Silakan anda rebus kurang lebih 10 lembar daun sirih segar dicampur dengan 200 ml air sampai mendidih. Kemudian biarkan sampai dingin atau tidak lagi mendidih, setelah itu saring air rebusan daun sirih tersebut ke wadah yang lain dan gunakan rebusan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan hal ini rutin sebelum tidur.

Itulah sedikit pencerahan mengenai manfaat dan khasiat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan tubh kita, semoga artikel tentang khasiat dan manfaat daun sirih ini bisa menjadi inspirasi serta tambahan wawasan bagi anda dan kita semua untuk hidup lebih sehat dan tampil lebih cantik secara alami.

Pencarian tag terkait:

Khasiat Daun Seri, Manfaat Daun Sirih Dalam Bidang Farmasi, Daun Sirih Bumi, Manfaat Daun Sirih Untuk Zakar, Khasiat Binahong Merah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Binahong Merah Khasiat Daun Seri

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.