Friday, April 13, 2018

manfaat daun sirih dan minyak zaitun untuk payudara

apa manfaat daun sirih untuk mata


Manfaat daun sirih merah


manfaat rebusan daun sirih merah untuk miss v - Daun sirih merah pada dasarnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan sirih hijau. Hanya saja sirih merah lebih unggul mengandung flavonoid.

Dilansir DrHealthBenefits.com, berikut ini beberapa manfaat daun sirih merah bagi kesehatan.

Menghentikan pendarahan hidung. Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung 1 lembar daun sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

Mengobati tukak lambung. Daun sirih merah dan kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.

Mengobati luka bakar ringan. Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

Mengobati gusi berdarah. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

Obat bronchitis. Rebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air sampai airnya tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.

Menjadi Obat sakit perut. Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

Mengobati gatal karena alergi dan gigitan serangga. Siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari.

Mengobati inflamasi prostat. Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Rebus 3-7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air putih sebanyak 3 kali sehari.

Obat tekanan darah tinggi. Minyak esensial dan fenol akan menstabilkan tekanan darah. Campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari.

Obat batuk. Siapkan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan 300 ml air, kemudian minum 2 kali sehari.

Pengobatan payudara bengkak. Daun sirih dapat mengobati payudara bengkak setelah menyusui. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

Obat tumor. Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

Perawatan diabetes. Konsumsi rebusan daun sirih merah. Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol, dan pyrene pada daun ini akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

Obat alternatif pneumonia. Buat air rebusan dari 5-7 lembar daun sirih merah dan 500 ml air dan minum secara teratur untuk membersihkan area paru.

Menjadi Obat asam urat. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.

Mengatasi bau badan. Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

Mengurangibau mulut. Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

Obat penyakit jantung koroner. Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau buah kemukus, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Kemudian tuangi air mendidih dan endapkan. Minum airnya 2 kali sehari.

Melancarkan kemih. Terakhir dan tak kalah penting, manfaat daun sirih merah adalah melancarkan kencing. Blender 5 lembar daun sirih merah, kemudian campur dengan segelas susu dan 1 atau 2 sendok madu. Minum setidaknya seminggu sekali.

Demikian manfaat daun sirih merah bagi kesehatan organ dalam dan pengobatan alternatif.

Manfaat daun sirih hijau


Walaupun tidak mengandung flavonoid seperti sirih merah, manfaat daun sirih hijau juga tak bisa diremehkan.

Ingin tahu apa saja manfaat daun sirih hijau? Berikut ini beberapa khasiat penting yang dimiliki sirih hijau bagi kesehatan, dilansir Boldsky.

Menyembuhkan luka. Manfaat daun sirih hijau yang utama adalah membantu percepatan penyembuhan luka. Antioksidan di dalam daun sirih hijau mampu menyembuhkan stres oksidatif sehingga dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Kompres luka dengan daun sirih yang sudah ditumbuk, kemudian balut dengan perban.

Mengobati nyeri. Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan membantu meringankan nyeri di dalam tubuh.

Mengobati gangguan pencernaan. Minum air rebusan sirih akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Sementara mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Menurunkan berat badan. Konsumsi daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semuanya penting dalam upaya penurunan berat badan.

Mengobati sakit tenggorokan. Sifat anti bakteri dan anti-inflamasi pada daun sirih menjadikannya obat alami untuk demam dan sakit tenggorokan.

Mengobati disfungsi ereksi pada pria. Sirih bisa melebarkan pembuluh darah di alat vital serta bermanfaat sebagai anti depresan.

Melawan kanker. Manfaat daun sirih yang tak banyak diketahui adalah sebagai obat anti-kanker. Mengunyah daun sirih diketahui mampu mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan harapan kesembuhan bagi pasien leukemia myeloid kronis. Fakta ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.

Mengatasi gatal. Alergi atau masalah kulit bisa diobati dengan mandi air rendaman sirih. Rendam sirih hijau dalam seember air panas, kemudian tunggu sampai airnya menghangat dan pakailah untuk mandi.

Mengatasi luka bakar. Menurut Beauty Health Tips, daun sirih bisa dimanfaatkan untuk luka bakar ringan. Cuci bersih sirih, kemudian remas-remas. Tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kulit yang luka bakar.

Mencegah bau badan. Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tak sedap. Begitu juga sifat anti-bakteri yang dimilikinya.
Itulah aneka manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Manfaat daun sirih untuk mata


Apakah manfaat daun sirih untuk mata? Sirih merah dan hijau bisa digunakan untuk mengobati mata yang merah karena iritasi berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya.

Rebus 20 lembar daun sirih merah atau sirih hijau dan gunakan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit.

Manfaat daun sirih untuk wajah dan hilangkan jerawat

Ilustrasi jerawat badan VeganAcneSufferers

Manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah khasiatnya dalam melawan penyakit dan masalah seputar kulit, terutama jerawat. Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih merah dan sirih hijau efektif untuk mengatasi jerawat di wajah, dada, atau punggung.

Sementara untuk jerawat di dada atau punggung, Anda bisa memanfaatkan air rebusan sirih yang masih hangat untuk mandi.

Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air hangat yang sudah dicampur sirih tumbuk. Gunakan untuk mengusap wajah yang sudah dibersihkan dari makeup.

Lakukan proses pencucian wajah seperti ini minimal 2 kali sehari, sesudah mandi dan sebelum tidur.

Itulah manfaat daun sirih bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Manfaat daun sirih untuk Miss V


Kesehatan organ kewanitaan alias Miss V tentunya sangat penting bagi setiap perempuan. Anda bisa menggunakan manfaat daun sirih untuk merawat organ intim ini.

Dilansir StyleCraze, manfaat daun sirih hijau adalah sebagai antiseptik yang membunuh bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan.

Rebus 5-10 lembar daun sirih ke dalam 250 ml air. Setelah direbus, saring airnya dan gunakan untuk mencuci area kewanitaan yang bermasalah.

Demikian penjelasan mengenai aneka manfaat daun sirih serta cara mengolahnya. Harap diingat, manfaat daun sirih baru bisa dirasakan secara maksimal kalau dikonsumsi sesuai anjuran. Takaran berlebih justru bisa memberikan efek negatif bagi tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : manfaat daun sirih dan minyak zaitun untuk payudara

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.